Saturday, September 04, 2004

RAKSASA KANAAN YANG HARUS DIHADAPI

Ulangan 7:1, Yosua 3:10

1. HET
Teror, perkataan yang melemahkan, menakuti, berusaha menghentikan langkah kita. Membuat orang tidak percaya diri, merasa tidak mampu
Cara mengalahkan: melekat kepada Tuhan, memegang janji dan Firman Tuhan atas segala situasi yang dihadapi. Yes.41:10 ? Tuhan berkata Jangan takut!

2. GIRGASI
Tidak stabil, mendua hati, bingung, penuh dengan ketidakpercayaan (Yak.1:6-8) Kita harus berani mengambil keputusan, berketetapan hati, fokus.
Cara mengalahkan: lari kepada Firman Tuhan, apa yang Allah katakan tentang setiap situasi

3. AMORI
Kesombongan, mencintai diri sendiri, menganggap diri lebih tinggi dari orang lain, angkuh, suka menantang, merasa tidak butuh orang lain, independen.
Cara mengalahkan: Memandang diri kita seperti Allah memandang, tidak terlalu tinggi, tidak juga terlalu rendah, memiliki citra diri yang benar seperti yang Firman Allah katakan.

4. KANAAN
Menghina, melecehkan, meremehkan, menuduh kita sampai merasa putus asa, menindas kita supaya tunduk pada mereka. Selain itu Kanaan berarti tamak, serakah.
Cara mengalahkan: kita harus teguh pada apa yang Tuhan katakan tentang Kita. Melekat pada Tuhan dan Firman-Nya.

5. FERIS
Hidup tanpa batas-batas aturan, tidak peduli dengan aturan dan hukum Tuhan, kompromi dengan dosa. Tuhan beri kita hukum bukan untuk menyiksa kita, tapi untuk melindungi kita. Kia butuh aturan, batas-batas. Di jaman akhir orang-orang cenderung untuk kompromi, membuat persepsi bahwa dosa bukan lagi dosa, tapi gaya hidup alternatif.
Cara mengalahkan: Amsal 4:23 ? kita harus menjaga hati dengan segala kewaspadaan, sekali kita melompati tembok batasan yang diberikan Tuhan bagi kita, maka kita akan semakin mudah kompromi dan melompati tembok-tembok lainnya, sehingga makin lama makin jatuh dalam dosa, makin tidak peka dengan dosa, timbul penyesatan.

6. HEWI
Penipu (Yosua 9, 11:9) hidup tanpa tujuan, dengan mudahnya menipu/melakukan hal-hal yang tidak benar. Hati-hati dengan roh Hewi, jangan tertipu dengan penampilan, harus membedakan roh. Tuhan melihat hati, mengenal hatinya orang. Jadi untuk mengenali hatinya orang kita harus Tanya Tuhan.
Cara mengalahkan: Dalam segala hal, minta keputusan dan bimbingan dari Tuhan, melekat pada Tuhan, sehingga peka terhadap tuntunannya.

7. YEBUS
Menghancurkan, depresi, membuat kita putus asa dengan tekanan-tekanan kehidupan.
Cara mengalahkan: Belajar bersyukur dalam segala keadaan, Filipi 4:13 ? bersama Tuhan kita dapat menanggung segala perkara. Kita harus melatih diri kita agar kita bisa melihat tangan Tuhan ada dalam setiap situasi kehidupan. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita!

Firman Tuhan mengatakan bahwa raksasa-raksasa ini lebih kuat daripada kita, tapi Tuhan akan menyerahkan mereka kepada kita, hal ini supaya kita bergantung sepenuhnya pada Tuhan. Tapi kita tidak boleh kompromi sedikitpun dengan mereka, ZERO TOLERANCE!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home